KARYA ILMIAH


  

Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Islam Terpadu Alhusniyah Tembilahan



OLEH


EVI RATNA SARI

  eviratnas07@gmail.com

Sekolah Islam Terpadu Alhusniyah

2021

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar  siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Terpadu Alhusniyah. Ketika guru menjelaskan didepan kelas, banyak siswa yang tidak memperhatikan dan akhirnya tidak paham ketika diberi soal sehingga hasil belajar yang didapat tidak mencapai target KKM  yang ditetapkan.  Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian Tindakan Kelas ini pun dilakukan dengan menggunakan media gambar sebagai alternatif solusi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar  siswa kelas 1pada mata pelajaran IPA.  Subjek penelitian adalah kelas 1V yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada siklus 1, nilai aktivitas guru 92,4 sementara aktivitas siswa 68,5. Pada siklus II, nilai aktivitas guru 98 dan aktivitas siswa 92. Berdasarkan hasil observasi, dapat dilihat bahwa adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus.  Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa 59,06 (19%),  pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,44 (56%), kemudian pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 88,75 (100%). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1V  pada mata pelajaran IPA di SD Islam Terpadu Alhusniyah Tembilahan.



Kata kunci : Pembelajaran IPA di SD,  Hasil Belajar, Media Gambar



download di sini : Karya Ilmiah 

No comments:

Post a Comment