Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Islam Terpadu Alhusniyah Tembilahan
OLEH
EVI RATNA SARI
Sekolah Islam Terpadu Alhusniyah
2021
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Terpadu Alhusniyah. Ketika guru menjelaskan didepan kelas, banyak siswa yang tidak memperhatikan dan akhirnya tidak paham ketika diberi soal sehingga hasil belajar yang didapat tidak mencapai target KKM yang ditetapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian Tindakan Kelas ini pun dilakukan dengan menggunakan media gambar sebagai alternatif solusi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1V pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian adalah kelas 1V yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada siklus 1, nilai aktivitas guru 92,4 sementara aktivitas siswa 68,5. Pada siklus II, nilai aktivitas guru 98 dan aktivitas siswa 92. Berdasarkan hasil observasi, dapat dilihat bahwa adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa 59,06 (19%), pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,44 (56%), kemudian pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 88,75 (100%). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1V pada mata pelajaran IPA di SD Islam Terpadu Alhusniyah Tembilahan.
Kata kunci : Pembelajaran IPA di SD, Hasil Belajar, Media Gambar
download di sini : Karya Ilmiah
No comments:
Post a Comment